Urus Sendiri Mutasi dan Balik Nama… (2)

1 menit waktu baca

Cerita ini adalah kelanjutan dari cerita saya sebelumnya yang berjudul Urus Sendiri Mutasi dan Balik Nama Kendaraan di Jakarta.

Sesuai arahan dari petugas di Gedung Biru Polda Metro, maka saya berangkat ke kantor Samsat Jakarta Timur beberapa hari kemudian. Prosesnya sebagai berikut:

    1. Saya baru tau saat itu bahwa kendaraan harus dibawa ke kantor Samsat untuk dilakukan cek fisik. Dari pintu masuk, sepeda motor langsung saya arahkan ke lokasi cek fisik. Ikuti saja papan petunjuk yang tersedia, anda tidak akan nyasar.
    2. Setelah cek fisik selesai, saya maju lagi ke loket pendokumentasian kendaraan. Saya memasukkan berkas yang tersisa dari proses di Polda.
    3. Setelah urusan dokumentasi (ambil foto kendaraan) selesai, saya diminta memarkir kendaraan dan menunggu dipanggil kemudian.
    4. Cuma perlu menunggu 10 menit, saya dipanggil untuk mendapatkan berkas yang saya butuhkan untuk proses lebih lanjut.
    5. Oleh petugas, saya diarahkan ke lantai 3 gedung utama. Di lantai 3, saya menuju loket pendaftaran.
    6. Saya diminta mengisi formulir dan selanjutnya menyerahkan formulir (yang telah diisi) dan seluruh berkas kepada petugas. Tunggu 10 menit.
    7. Nama saya dipanggil dan urusan di kantor Samsat selesai. Saya diminta datang lagi untuk mengambil STNK dan plat baru pada tanggal yang ditentukan.
    8. Saya kembali datang ke kantor Samsat Jakarta Timur pada tanggal yang ditentukan.
    9. Saya ambil berkas di lantai 3. Termasuk STNK baru.
    10. Kemudian saya diarahkan menuju lantai 4 untuk memperoleh stempel Jasa Raharja. Setelah itu, saya diminta ke loket bank di lantai 3 untuk melakukan pembayaran.
    11. Saya membayar biaya yang tertera pada STNK baru. Pembayaran bisa dilakukan secara tunai atau menggunakan kartu debit bank tertentu.
    12. Setelah pembayaran beres, saya diminta mengambil plat nomor kendaraan yang baru sesuai yang tertera di STNK.
    13. Lokasi pengambilan plat ada di luar gedung, tepat di samping lokasi pendokumentasian kendaraan (baca poin 2). Hanya perlu menunggu 5 menit, nomor kendaraan saya dipanggil dan plat nomor bisa diambil di loket.
    14. Urusan selesai!

Mudah sekali. Kalau ditotal, urusan di kantor Samsat hanya butuh waktu kurang lebih 1 jam.

STNK baru harus dicopy untuk disertakan bersama fotocopy KTP saat pengambilan BPKB di Polda Metro.

Kini sepeda motor saya sudah resmi terdaftar di wilayah hukum Jakarta Timur. Plat B.

Semoga cerita ini bermanfaat bagi anda yang ingin melakukan pengurusan mutasi masuk dan balik nama kendaraan di wilayah Jakarta Timur.

Digiprove sealThis article has been Digiproved © 2018 Agung Pushandaka

Related Post