Mereka Ndak Akan Peduli

0 menit waktu baca

Saya ikut berduka cita atas meninggalnya Sondang Hutagalung, pemuda yang melakukan aksi bakar diri di depan istana. Tapi secara pribadi, saya kecewa dengan pilihannya melakukan aksi itu. Saya sih berusaha mengerti, bahwa kita semua sudah habis akal untuk menunjukkan keprihatinan kita terhadap nasib negara ini dan kendaksukaan kita terhadap kebijakan pemerintah kita yang, sepertinya, malah memperburuk keadaan. Tapi apakah bakar diri adalah cara yang benar?

Saya hampir yakin, keadaan ndak akan seketika berubah baik setelah Sondang meninggal. Aksi yang dilakukan Sondang ibarat batu yang dilempar ke dalam air. Cuma menimbulkan percikan dan gelombang kecil yang akan segera menghilang, sementara sang batu tenggelam sendirian di dasar. Selanjutnya, permukaan air akan kembali tenang seperti sedia kala. Mereka yang di atas sana, ndak akan peduli cuma dengan aksi seorang Sondang.

Maka saya cuma bisa berharap, agar aksi-aksi selanjutnya akan lebih bijak dalam menentukan cara untuk menyampaikan aspirasi, yang sejujurnya yang juga ndak tau harus bagaimana.

Semoga kita semua dan negara kita tercinta selalu dilindungi dari hal-hal buruk.

5 thoughts on “Mereka Ndak Akan Peduli”

  1. sebagian kecil organisasi mahasiswa memang sudah mulai ekstrim kiri nampaknya; mereka apatis dalam memandang segala hal dan manifestasinya adalah tindakan2 macam ini.

    menurut saya pemahaman mereka tidak ubahnya para teroris yang anti kemapanan. bedanya hanya di aksi: para mahasiswa ini tidak melukai orang lain.

  2. Hmm…
    Saya sih tidak menganggap tindakan mahasiswa bakar diri itu sebagai sesuatu yang pantas diacungi jempol, karena dia telah menunjukkan dirinya sebagai orang yang frustrasi dengan keadaannya.

  3. saya justru merasa bahwa semua aksi yang dilakukan masyarakat hanya semakin menekan dan membuat pejabat2 semakin malas meladeni. saya pengen melihat pejabat2 kita dialog tatap muka dengan rakyat. dan saling jujur dengan perasaan masing-masing untuk akhirnya merumuskan solusi. bagaimanapun contoh besar yang diciptakan pemerintah akan lebih terhadap rakyatnya. seperti misalnya astronot2 amerika yang menginspirasi anak-anak di amerika.
    sementara ini kita hanya bisa berusaha berbuat yang baik bagi komunitas di sekitar kita.

  4. Sudah lama mau komen disini, tapi sebelum-sebelumnya sempat tidak bisa saya buka.

    Tentang aksi Sondang itu, saya sependapat. Aksinya cukup gila dan diluar nalar, dan saya cukup yakin tidak akan mampu menggetarkan hati orang-orang diatas sana.

Comments are closed.