Menjadi Manajer di Liga Champions

4 menit waktu baca

Mau menjadi manajer tim yang berlaga di Liga Champions Eropa (UEFA Champions League – UCL)? Gampang! Daftarkan diri anda dan bergabunglah dalam game UCL Fantasy Football. Bagaimana ceritanya sih? Okelah, buat yang sudah mengerti game ini, saya mohon tetaplah membaca tulisan saya ini dan berikanlah tips tambahan di kolom komentar yang mungkin dapat membantu teman-teman yang blum pernah memainkan game ini.

Sebelumnya saya minta maaf karena baru memberitahukan keberadaan game ini setelah lewat matchday 1, Selasa dan Rabu kemarin. Tapi kalaupun anda tertarik untuk memainkannya, blum terlambat kok. UEFA menyediakan hadiah untuk pemenang setiap matchday, setiap phase, dan hadiah utama. Baiklah, daripada berpanjang-panjang, mari simak tulisan saya.

Adalah UCL Fantasy Football, game online yang memungkinkan anda untuk bisa lebih menikmati UCL dengan nilai lebih. Kalau selama ini anda cuma menonton untuk senang-senang saja, siapa tau musim ini anda bisa mendapatkan hadiah dari hobi anda menonton UCL di layar tivi. Daripada ikut taruhan, yang ini lebih aman. Hehe!

UCL Fantasy Football adalah sebuah game yang menuntut pengetahuan yang lebih dari cukup tentang UCL. Maksud saya, kalau anda cuma mengenal tim favorit anda, itu adalah hal biasa. Bukannya menakut-nakuti, tapi itu blum cukup untuk mengikuti game ini. Hehe! Kalau anda ikut game ini, anda harus mengenal semua tim yang berlaga di UCL musim ini.

Kok bisa? Iya, karena anda harus membentuk 1 tim dengan 15 pemain dari tim-tim yang berbeda. Setelah anda melewati proses registrasi yang cukup mudah, dan menyelesaikan proses pembentukan tim imajinasi anda, maka anda akan diberi dana sebesar 100 euro. Untuk phase penyisihan grup, anda hanya boleh memilih maksimal 2 pemain dari tim yang sama. Misalnya, anda tertarik utuk memakai jasa pemain Real Madrid untuk tim anda. Maka anda cuma bisa memakai 2 pemain saja dari Madrid. Misalnya, Kaka dan Benzema. Sisa 13 pemain yang lain, anda harus memakai pemain dari tim lain.

Belilah pemain-pemain terbaik menurut anda, selama ndak melebihi dana awal 100 euro tadi. Untuk musim ini, harga pemain termahal mencapai 12 euro untuk Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Mungkin sekarang anda mengira, 100 euro itu banyak banget. Tapi cobalah anda bentuk tim anda sendiri. Ndak gampang untuk membeli pemain-pemain favorit anda ke dalam satu tim.

Tim Impian Saya 2009-10
Tim Impian Saya 2009-10

Setelah tim anda terbentuk, dengan formasi 2 keepers, 5 defenders, 5 midfielders, dan 3 attackers, (11 pemain utama, 4 pemain cadangan), anda sudah bisa mengikuti permainan. Cara bermainnya bagaimana? Misi permainan ini adalah mengumpulkan poin sebesar-besarnya dari kumpulan pemain pilihan anda tadi. Bagaimana pemain pilihan kita mendapatkan poin? Begini.., misalkan anda memilih seorang Messi menjadi penyerang anda. Untuk seorang penyerang, nilai tertinggi diperoleh saat dia mencetak gol, yaitu 4 poin. Kalau misalnya Messi pada matchday 1 melawan Inter tadi malam bisa mencetak 2 gol, maka dari golnya saja dia sudah mengumpulkan 8 poin. Poin itu blum ditambah poin lain, misalnya seperti, kalau bermain minimal 60 menit mendapat 2 poin, atau mampu memberi assist mendapat 3 poin, dsb.

Poin lebih tinggi apabila defender pilihan anda bisa mencetak gol, karena poin gol oleh seorang defender adalah 6 poin. Kalau anda memilih Lucio misalnya, dan tadi malam ia mencetak gol ke gawang Barcelona, maka dari gol itu Lucio sudah menyumbang 6 poin untuk tim anda. Begitulah seterusnya, poin setiap pemain anda dikumpulkan untuk menghasilkan poin tim anda untuk matchday yang bersangkutan. Tapi ingat, game ini ndak cuma menyediakan poin positif. Ada poin minus juga yang bisa mengurangi perolehan poin tim anda. Sebuah kartu kuning bernilai -1, kartu merah -3, dsb.

Andaikata poin yang anda peroleh adalah yang tertinggi di matchday itu, maka hadiah sebuah PSPgo menjadi milik anda. Kalau ternyata nilai tim anda adalah yang tertinggi untuk keseluruhan setiap phase (penyisihan grup, perdelapan final, perempat final, semifinal, atau final) hadiah berupa Playstation 3 yang anda dapat. Kalau total nilai anda tetap tertinggi mulai dari awal sampai akhir UCL tahun depan, anda dapatkan Playstation 3 ditambah 1 unit tivi Sony Bravia. Ini nih yang namanya iseng-iseng berhadiah! Hehe!

Intinya, game ini boleh saja bertema fantasi atau imajinasi. Tapi ndak sepenuhnya khayalan, bukan? Karena poin yang tersedia cuma bisa anda peroleh dari penampilan pemain pilihan anda di ajang yang sesungguhnya. Anda ndak akan memperoleh poin kalau pemain pilihan anda ternyata ndak dimainkan pada pertandingan yang sesungguhnya. Pokoknya, ikut game ini membuat hobi kita menonton UCL di layar tivi lebih menyenangkan. Tapi, nilai minus game ini adalah anda jadi ndak bisa fanatik buta terhadap 1 tim saja. Misalnya saya, penggemar Inter. Saya ndak bisa cuma mengharapkan kemenangan untuk Inter saja, karena saya juga berharap dari pemain lain di luar Inter.

Saya menyarankan buat yang blum bergabung, segera bergabung. Lumayanlah untuk menambah semangat anda untuk menonton siaran langsung UCL di tivi. Tenang saja, game ini ndak mengharapkan anda online setiap hari. Anda cuma perlu online sekali saja sebelum matchday dimulai. Perubahan tim harus dilakukan paling lambat 1 jam sebelum pertandingan dimulai. Anda harus memperhatikan kabar terbaru di koran-koran. Takutnya, pemain pilihan anda ternyata mengalami cidera sehingga ndak bisa bermain, maka sebaiknya anda  mengganti pemain yang bersangkutan daripada ndak menghasilkan 1 poin pun. Setelah tim anda siap, silahkan offline dan menikmati siaran langsung UCL di tivi, karena anda ndak bisa mengganti pemain di tim anda saat pertandingan berlangsung. Anda boleh kembali online setelah matchday untuk mengetahui total poin tim anda.

Buat yang hobi menebak hasil pertandingan, UEFA juga menyediakan game UCL Predictor. Hadiahnya juga ndak kalah menarik kok. Saya sendiri sudah beberapa musim UCL mengikuti game  Fantasy Football dan Predictor ini. Tapi blum pernah menang, bahkan untuk hadiah per matchday. Hehe! Tapi, siapa tau anda lebih jago daripada saya.

Jadi bagaimana? Tertarik? Setelah membaca tulisan ini, silahkan tinggalkan komentar dan segeralah kunjungi lokasi Fantasy Football di sini, dan Predictor di sini. Buruan, sebelum matchday 2 dimulai pada 29 dan 30 September nanti. Enjoy the game!

6 thoughts on “Menjadi Manajer di Liga Champions”

  1. keren nih.. berarti ini FM atau CM versi online ya?
    :mrgreen:

    Bisa dibilang begitu walaupun cuma sebatas beli pemain dan menyusun formasi permainan. Bedanya, CM dan FM totally fantasy. Sementara yang ini bergantung banget dari pertandingan yang sesungguhnya di rumput hijau.

    .-= morishige´s last blog ..Langkah (13): A Piece of Buitenzorgh =-.

  2. **baca 1 paragraf awal saja lalu menuju form komentar

    saya nggak ngerti dan nggak tahu game ini, jadi no comment deh 🙂

    **lho, ini kan juga comment

    Artinya, paragraf awal saya ndak mampu menarik minat anda untuk membaca kelanjutannya. Padahal, tulisan saya ini justru pengen memberitahu dan menjelaskan tentang game ini. Hehe! Terima kasih untuk no comment-nya.

Comments are closed.