Kerennya Bakal Gedung Baru DPR!

2 menit waktu baca

Belakangan ini orang-orang lagi heboh dengan rencana pembangunan gedung baru Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Senayan, Jakarta. Untuk saya pribadi — dari yang saya lihat di tivi — gedung itu menakjubkan banget. Bentuknya pun blum pernah saya lihat di kota-kota lain, bahkan mungkin di negara lain. Konon, bangunan ini akan menyediakan ruang kerja yang lebih baik kepada anggota parlemen kita dibandingkan dengan gedung lama. Untuk anggota parlemen yang punya fungsi dan tugas yang banyak dan berat, saya sih ndak mempermasalahkan gedung baru untuk para anggota DPR. Bahkan saya mendukung pembangunan gedung baru ini.

Tapi kenapa harus sekarang? Kenapa gedung dan ruang kerja baru itu dibangun justru di saat DPR diisi oleh orang-orang yang suka bolos kerja? Kenapa DPR harus butuh gedung baru di saat banyak anggota DPR yang justru tidur di ruang kerjanya? Kalau cuma untuk tidur, rasanya mereka ndak butuh ruangan seluas 120 meter persegi. Kenapa gedung itu harus dibangun sekarang di saat negara dan rakyatnya masih membutuhkan banyak dana untuk hal-hal lain yang lebih penting? Kenapa mereka ndak belajar dari banyaknya rumah dinas anggota DPR yang telantar karena ndak dihuni? Kalau cuma nanti gedung itu kosong seperti rumah dinasnya, ndak perlu dibangun sekarang kan?

Melihat ini semua, saya jadi tambah geregetan sama penguasa negeri ini. Apa ya, yang ada di pikiran mereka? Kenapa mereka lebih mementingkan 560 anggota DPR yang justru hidupnya sudah cukup mewah dari gajinya saja. Fasilitas yang mereka dapatkan jauh banget mewahnya di atas pekerjaan mereka yang pas-pasan bahkan banyak kurangnya selama ini. Bandingkan dengan ratusan ribu anggota Polri dan TNI yang hidup kekurangan di rumah kontrakannya, sementara tugas mereka sama beratnya, bahkan mungkin lebih berat dibandingkan dengan mereka yang tidur pun masuk tivi! Atau — mumpung masih hangat pembicaraan kasus dengan malaysia — uang pembangunan gedung DPR itu tentu lebih berguna untuk mempercanggih alat-alat bagi penjaga kedaulatan NKRI di perbatasan, sehingga mereka ndak gampang “tunduk” kepada aparat malaysia.

Sayang banget, uang sebanyak itu cuma bisa dinikmati oleh segelintir orang saja yang kerjanya justru ndak jelas untuk negeri ini. Padahal, kalau mereka punya kemauan, uang sebanyak itu bisa untuk membangun beberapa sekolah dengan fasilitas lengkap, beberapa rumah susun dengan standar yang baik,Β  beberapa perusahaan untuk menambah lapangan pekerjaan, dsb., yang akan lebih berguna dan bisa dinikmati oleh lebih banyak orang di negara ini. Intinya, banyak hal yang bisa dilakukan pemerintah untuk rakyatnya dengan uang sejumlah 1 triliun lebih.

Tapi, mereka benar-benar sudah ndak peduli lagi. Semoga akan ada mukjizat yang dapat menunda atau membatalkan rencana pembangunan gedung ini..

27 thoughts on “Kerennya Bakal Gedung Baru DPR!”

  1. Wah, enak banget nih kalau gedung baru. Pasti fasilitasnya juga bakalan bertambah. Semoga juga dibarengi dengan peningkatan kualitas kerja mereka dengan lebih mengutamakan kesejahteraan rakyat.

  2. KAtanya uang segitu bisa buat bangun monorail yg sekarang terbengkalai karena kekurangan uang atau bisa juga untuk membiayai jamkesmas 22 juta rakyat miskin.

  3. Saya setuju (dengan tulisan ini tentunya).

    Saya heran kok bisa-bisanya anggota DPR RI kita bermuka tebal, padahal sudah dikritik di sana sini.

  4. ternyata masih seputaran gedung baru ya kasusnya
    kalo menurut temenku yang ikutan dalam proyek ini sih gedung yang katanya miring itu gak miring2 amat sih masih layak huni

  5. Pembangunan gedung sah-sah saja ya Bligung ? namun kita harus memikirkan keadaan yang sekarang terjadi, kalau memang masih layak kenapa harus membangun lagi ? masih banyak anggaran yang dibutuhkan untuk membangun sekolah terutama di pedalaman, mungkin aspirasi mereka kandas di selat jawa atau selat bali atau dibandara, ah…

  6. lho emangnya pemerintah punya uang buat bangun gedung ya?saya pikir negara kita masih carut marut soalnya bapak tukang becak di tempat saya masih susah cari makan dan sekolahin anaknya πŸ˜€

  7. sebenernya rada ga etis sih kalo wakil rakyat itu dapat fasilitas yang wah, nyetir mobil mewah, dan bahkan pake tas hermes karena mereka kan harusnya merakyat, kalo ditambah fasilitas gedung yang begini yah makin ga etis lagi
    cuma pandangannya jangan sempit, masih ada wanggota dpr yang benar-benar memperjuangkan nasib rakyat kok, cuma emang jumlahnya sedikit dan ga dominan sih

  8. Saya tidak anti dengan pembangunan gedung baru DPR, cuma yang jadi masalah sekarang, apa memang sudah begitu pentingnya gedung baru tsb. Saya kalo nonton berita di TV di banyak negara gedung parlemennya dari thn 60 an sampai 2010 an yang itu2 saja tuh gak gonta-ganti, tapi kalo negeri kita ini sudah miskin, tapi keperluan2 yang gak mendasar selalu jadi prioritas, ada apa ini ? Belum lagi yang Rp. 1,16 T kira2 berapa % lah yang menguap kemana-mana, yang akhirnya membuat mutu bangunan akan berkurang, tapi sebagai rakyat kecil kita kan gak bisa berbuat apa2 kecuali nerimo dengan apa yang dikerjakan PRIYAYI2 kita ini, maka dunia berkata ” itulah Indonesia ” πŸ™‚

  9. Heran dengan urusan perut sendiri yang selalu diperjuangkan oleh anggota DPR 😑 katanya wakil rakyat tapi selalu mencari celah untuk menilep uang rakyat πŸ‘Ώ
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  10. Jika rencana ini jadi juga dibangun. Lalu siapakah lagi yang akan peduli membangun sekolah, tempat ibadah, puskesmas, rumah sakit, yang te;ah banyak rusak pasca bencana, apalagi di daerah terpencil… ❓

  11. pada g denger suara rakyat daerah apa ya? yang di luar sana pada dicekoki wawasan nusantara n disuruh nrimo, tapi di pusat? pada sibuk nyari jalan biar duitnya balik n bisa buat kampanye lagi 2014 ntar…

  12. kalau gedung itu sudah jadi, mungkin sekali2 bisa digunakan sebagai penampung sementara orang2 miskin dan para pengemis yang tidak terurus, kayaknya itu lebih bermanfaat.

  13. apalagi akan dibangun fasilitas kolam renang (yg katanya untuk mencegah kebakaran), spa dan fitnes (katanya biar anggota DPR bugar)… mau kerja apa mau santaiΒ²

Comments are closed.