Isu Politik di Hari Anti Korupsi

2 menit waktu baca

Hari ini, saya sempat melihat di depan New Dewata Ayu, Jalan Sudirman, Denpasar, sekelompok anak muda penuh semangat mengajak para pengguna jalan untuk bersama-sama meperingati Hari Anti Korupsi. Walaupun saya ndak bisa mendengarkan apa yang mereka ucapkan, selain karena saya memakai helm dan harus berkonsentrasi ke jalan yang padat merayap, saya ndak terlalu mempermasalahkan aksi itu. Selain karena ndak memacetkan, juga ndak ada keributan. Saya yakin ndak akan ada keributan karena posisi dan sikap tubuh beberapa petugas polisi yang berjaga di sekitarnya ndak menunjukkan sikap siaga apalagi awas.

Melihat suasana ini, walaupun saya blum tau bagaimana suasana di daerah lain, saya jadi tersenyum sendiri mengingat isu yang pernah dilempar presiden kita, SBY, ke publik. Sekali lagi, SBY telah gegabah menunjukkan kecemasannya akan tindakan beberapa orang saja. Masih tersimpan jelas di otak saya, bagaimana SBY secara eksplisit menuduh lawan-lawan politiknya dalam Pilpres 2009 sebagai dalang ledakan bom di Jakarta. Dia bersikukuh bahwa ledakan bom itu adalah upaya untuk menggagalkan pemilu, bahkan merusak agenda pelantikan dirinya sebagai presiden terpilih. Tapi, sampai saat ini ndak kata maaf darinya walaupun sudah terbukti semua dugaannya ndak sesuai kenyataannya.

Menjelang peringatan Hari Anti Korupsi Se-Dunia, SBY lagi-lagi melontarkan pernyataan yang menunjukkan kecemasan yang berlebihan. Di setiap acara resminya, SBY curhat bahwa ada upaya politik untuk menjatuhkan posisinya sebagai presiden, dengan mendompleng aksi Anti Korupsi. Saya ndak pengen membantah, karena otak saya benar-benar ndak bisa menjangkau isi otak SBY. Tapi, saya jadi senyum-senyum sendiri melihat ketakutan SBY.

Bapak presiden yang terhormat, anda ini seorang pemimpin. Adalah suatu hal yang lumrah kalau ada pihak yang ndak puas dengan kepemimpinan Bapak. Presiden diancam, ndak cuma terjadi di Indonesia kok. Kenapa sih harus ketakutan seperti itu? Saya mengerti perasaan anda sebagai manusia biasa. Tapi, anda bukan lagi seorang manusia biasa sejak anda berani mencalonkan diri anda menjadi seorang presiden. Cuma orang luar biasa yang layak menjadi presiden di negeri yang majemuk seperti Indonesia. Please donk, jadi presiden yang tegas juga tegar.

Kalaupun memang terbukti ada upaya menjatuhkan kedudukan anda, ya dihadapi donk. Jangan cuma mencari simpati dengan puisi-puisi anda di atas podium kenegaraan. Lawan upaya itu dengan tindakan hebat sebagai seorang pemimpin. Buktikan kalau anda pantas duduk di kursi presiden. Bukan malah mengeluh ke sana ke mari. Sekali lagi saya bilang, tugas yang harus anda lakukan untuk negara ini masih banyak. Hampir habis masa 100 hari kepemimpinan anda, isinya cuma kontroversi. Ndak ada perkembangan yang bagus untuk negeri ini.

Kalau boleh saya titip saran sebagai rakyat kepada anda, jangan habiskan lebih banyak waktu sia-sia dengan membuat pernyataan-pernyataan seperti itu. Terima kasih. Salam hormat saya untuk anda, Bapak Presiden.

Related Post

9 thoughts on “Isu Politik di Hari Anti Korupsi”

  1. Kangennya sama Jalan Sudirman, masih macet tah?

    Bli nya ni, kagak ngaku juga kalo tinggal di Bali.. c spasi d ah..

    Iya, Ibu Linda itu, yang waktu nonton konser musik, dengan postingan kali ini, semoga ga kecele…

    Abis, dari namanya, Indonesia banget,, hehehe!
    Padahal asli orang Aussie!

  2. Namanya jg artis, yah wajar dong klo pidato yang keluar puisi2…*ingat SBY pernah mengeluarkan single*

    Presiden kita menggelikan kan yah terlalu sensitif…padahal sensitif digunakan seminggu setelahnya *menurut iklan*
    .-= Miranda´s last blog ..7 Bulan =-.

  3. Saya setuju sekali dengan tulisan ini. Orangtua kita mengajarkan kalo ada masalah; HADAPI! Biar cepat selesai! Jangan mengadu argumen nggak jelas fondasinya apalagi sampe nuduh2, fitnah2, … doh …!

    Coba dulu saya milih lebih cepat lebih baik yaks 😀 😀 😀 ketahuan sekarang setelah lepas dari si ‘imut-pedis-cerdas’ itu, yang sekarang ini nggak bisa apa2 😀

    Is it a drama for us? 😛
    .-= tuteh´s last blog ..Mutually Beneficial Relationship =-.

Comments are closed.