Saya Menolak Gang Dolly Ditutup!

Beberapa hari lalu, saya menyimak rencana penutupan Gang Dolly. Tentu saja ada yang pro maupun kontra.

Bagi yang belum tahu, Gang Dolly atau yang bisa disebut Dolly ini adalah kawasan prostitusi di kota Surabaya.

Saya pribadi tidak setuju kalau Dolly ditutup.

Sebab menurut saya Dolly justru membantu pemerintah membatasi penyebaran penyakit serta praktik-praktik prostitusi di sebuah area khusus sehingga tidak tersebar di penjuru kota.

Anda bisa menangkap maksud saya?

Saya merasa prostitusi telah ada di segala penjuru dunia. Ada yang terselubung, ada yang terbuka.

Ada yang kecil-kecilan, ada pula yang besar-besaran.

Saya juga merasa prostitusi tidak akan bisa dihapuskan begitu saja dari muka bumi. Prostitusi telah ada sejak lama dalam sejarah peradaban manusia.

Jadi, daripada praktik prostitusi malah tersebar secara diam-diam dan sulit terlacak, saya merasa Gang Dolly malah menertibkan praktik semacam ini.

Pemerintah akan lebih mudah mendata siapa saja pekerjanya dan pelanggannya.

Anak di bawah umur lebih mudah dicegah untuk menikmati atau melakukan praktik ini.

Anda pasti pernah mendengar, di banyak kota ada pekerja seks komersil yang berumur belasan. Mereka bekerja secara sembunyi-sembunyi, sehingga sulit didata.

Sementara di kawasan prostitusi jelas lebih mudah pengawasannya. Kalau ada gadis di bawah umur yang menjadi pekerja, atau remaja laki-laki menjadi pemakai jasanya, pemerintah lebih mudah mencegah atau menghentikannya.

Pun dengan upaya pencegahan menyebarluasnya penyakit seksual terutama HIV. Dengan adanya lokalisasi prostitusi seperti Dolly, orang-orang yang beresiko tertular penyakit jadi lebih mudah diawasi dan bisa diambil tindakan sedini mungkin apabila sudah tertular.

Pendataan ini saya rasa penting agar penyebaran penyakitnya bisa dibatasi. Misalnya, pelanggan Dolly yang tertular HIV jadi bisa ditangani dengan tepat sehingga istrinya tidak tertular dan bisa melahirkan anak tanpa virus mematikan ini.

Maka, daripada Dolly ditutup lalu pekerjanya malah tersebar ke mana-mana dan susah dilacak serta diawasi, sebaiknya dipikirkan kembali matang-matang rencana penutupan ini.

Menjadi kontroversi? Pastilah..

Digiprove sealDigiproved

Tags: , ,