Darah dan Kewarganegaraan Indonesia

Agnez Mo bilang dia tak punya darah Indonesia? Saya pribadi tak pusing. Tapi jadi penasaran, apakah dia warga negara Indonesia? Kalau iya, dari mana datangnya?

Sebelumnya saya juga sempat saling berbalas tweet dengan admin Footbal Tribe Indonesia di twitter, mengenai darah keturunan Marc Klok, pesepakbola Belanda yang sedang dalam proses pewarganegaraan menjadi warga negara Indonesia. Tak terkait dengan berita Agnez memang, tapi masih tentang darah keturunan dan hubungannya dengan kewarganegaraan seseorang.

Apakah Agnez dan Marc berdarah Indonesia? Untuk menjawabnya, kita harus tahu asal-usul mereka. Apakah orang tua mereka, atau kakek/neneknya, atau buyutnya dan seterusnya ke atas, lahir dari orang bangsa Indonesia asli?

Saya tidak bermaksud rasis dengan menyebut “orang Indonesia asli”, tapi konstitusi kita sendiri masih menggunakan istilah tersebut. Dan karena isu tulisan ini adalah tentang kewarganegaraan, maka saya tak bisa menghindarkan penggunaan istilah tersebut.

Saya sendiri belum bisa menemukan penjelasan yang memuaskan untuk menjawab siapa sih yang termasuk sebagai orang Indonesia asli? Kalau misalnya saya punya leluhur yang berasal dari bangsa asing, apakah saya bukan orang Indonesia asli, atau peranakan?

Tapi saya tidak ingin berpanjang lebar di topik itu. Meskipun mungkin salah, asumsikan saja bahwa orang Indonesia asli adalah mereka yang secara turun temurun, sejak jaman pra sejarah, telah menetap dan hidup di wilayah yang sekarang termasuk teritorial Negara Kesatuan Republik Indonesia – sekalipun mungkin nenek moyangnya dulu datang dari benua atau ras lain – dan menjalankan adat dan budaya yang berlaku di Indonesia.

Waktu jaman kolonialisme Belanda dulu, mereka disebut Pribumi. Mereka adalah suku-suku asli di Nusantara. Orang peranakan disebut sebagai orang Timur Asing. Mereka adalah orang yang tinggal di wilayah Nusantara tapi keturunan Arab, India, atau Tionghoa.

Kurang lebih demikian.

Nah, kalau anda termasuk orang yang lahir dari bapak-ibu yang berstatus orang Indonesia asli, maka anda adalah orang berdarah Indonesia. Saat anda memiliki garis keturunan Indonesia seperti itu, maka anda bisa memperoleh kewarganegaraan Indonesia secara otomatis sejak lahir.

Lalu bagaimana dengan Agnez, kalau benar dia tak memiliki darah Indonesia?

Sekalipun dia lahir di Indonesia, maka secara logika dia bukan warga negara Indonesia saat lahirnya. Dia pasti berkewarganegaraan seperti kedua orang tuanya, atau salah satu dari mereka.

Demikian seharusnya.

Tapi kalau Agnez, yang tidak berdarah Indonesia itu, adalah warga negara Indonesia, maka perlu dilihat apakah dia pernah mengajukan permohonan untuk memperoleh kewarganegaraan Indonesia, seperti yang dilakukan Marc Klok sekarang ini? Kalau iya, apakah prosedurnya benar dan syaratnya terpenuhi.

Untuk memperoleh kewarganegaraan Indonesia seseorang harus memenuhi persyaratan tertentu. Misalnya, telah menetap selama beberapa tahun di Indonesia, baik secara terus menerus maupun tidak, bisa berbahasa Indonesia, dan mengakui Pancasila dan UUD 1945, dll.

Selengkapnya bisa dicek di Undang-Undang Kewarganegaraan.

Sebenarnya isu ini tak penting, mungkin iya.

Tapi siapa tahu, suatu hari nanti Agnez Mo – sekali lagi kalau benar dia tidak berdarah Indonesia – diangkat menjadi menteri, atau minimal staf khusus milenial yang sedang ramai dibicarakan sekarang, tentu kita tak ingin kasus ketidakjelasan kewarganegaraan seperti yang menimpa Arcandra Tahar terjadi lagi.

Atau mungkin anda masih ingat Gloria Natapraja Hamel, calon anggota Paskibraka yang akhirnya dicoret karena isu kewarganegaraannya? Tentu sangat disayangkan kalau itu terjadi lagi.

Tambahan [ditulis pada tanggal 29 November 2019]: pertanyaan mengenai kewarganegaraan ini juga berlaku kepada orang tua Agnez bila ternyata mereka bukan orang Indonesia asli tetapi warga negara Indonesia. Kalau benar Agnez berkata tidak memiliki darah Indonesia, maka orang tua, kakek/nenek, buyut, dst. ke atas, tidak termasuk orang Indonesia asli. Maka harus dilihat apakah mereka melalui proses pewarganegaraan sehingga memperoleh kewarganegaraan Indonesia, sehingga Agnez memperoleh kewarganegaraan Indonesia tanpa proses pewarganegaraan.

Digiprove sealThis article has been Digiproved © 2019 Agung Pushandaka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *