Arti Sebuah Perpisahan

0 menit waktu baca

Seperti kata orang, di mana ada pertemuan, di sana ada perpisahan. Seperti halnya sebuah pertemuan, perpisahan seperti tidak menunggu waktu yang tepat.

Perpisahan bisa terjadi kapan saja, tanpa peduli apakah kita sudah siap dengan sebuah kehilangan. Perpisahan nampak selalu kejam dan tanpa perasaan.

Tapi, perpisahan akan melahirkan suatu pertemuan yang lain.

Kehilangan akan memberi kita sesuatu yang baru.

Perpisahan bukanlah mengambil apa yang kita punya, tapi memberi sesuatu yang lain pada waktunya nanti.

Kita tidak akan pernah tahu kapan akan kehilangan atau berpisah dengan apa yang pernah kita miliki. Kita juga tidak akan pernah benar-benar siap untuk menghadapi suatu perpisahan, sekalipun kitalah yang memutuskan perpisahan itu.

Satu hal yang seharusnya bisa kita lakukan adalah berbuat sebaik mungkin terhadap apa yang kita miliki sekarang sebelum perpisahan itu terjadi.

Bila kita sudah lakukan semua yang kita mampu, mungkin saat perpisahan datang, kita tidak akan lama menangisinya. Tapi mungkin kita akan lebih siap untuk menerima sesuatu yang baru nantinya.

Tapi saya manusia biasa, begitu juga anda.

Saya tidak akan menyalahkan siapa pun yang selalu merasa sedih dan menyesal saat perpisahan datang. Saya rasa, penyesalan itu sangat manusiawi.

Seperti yang saya rasakan hari ini.

Selamat tinggal.

Digiprove sealThis article has been Digiproved © 2014-2017 Agung Pushandaka