Friday the 13th

1 menit waktu baca

Hari ini, Jum’at 13 Maret 2009. Buat yang ultah hari ini pasti jadi hari yang spesial buat mereka. Tapi ada juga yang ndak ultah hari ini, ndak nikah hari ini, ndak punya anak hari ini, dsb., menganggap hari ini bukan hari biasa. Mereka adalah orang-orang yang paraskavedekatriaphobia atau ketakutan terhadap hari Jum’at bertanggal 13.

Kenapa bisa seperti itu?

Wikipedia bilang buat mereka, hari ini adalah hari yang menakutkan karena dianggap sebagai hari paling sial diantara hari lainnya. Hari ini dianggap paling sial karena hari ini adalah gabungan dari sialnya hari Jum’at ditambah dengan sialnya angka 13. Komplit ya?

Jum’at dibilang sial karena beberapa alasan. Tapi untuk beberapa pemeluk agama Kristen, hari ini dibilang sial karena pada hari inilah Yesus disalib. Sementara sialnya tanggal 13, dianggap karena angka ini melewati angka 12 yang dianggap sempurna merujuk pada jumlah (12) bulan pada kalender, (12) tanda bintang pada zodiac, dsb. Pemeluk Kristen juga merujuk pada jamuan terakhir (last supper) yang dihadiri 13 orang yang akhirnya jadi hari penghianatan terhadap Yesus.

Ada beberapa tragedi yang terjadi tanggal 13 hari Jum’at. Badai topan Charley (13 Agustus 2004), badai di New York (13 Oktober 2006), dan jatuhnya pesawat Continental di New York yang kebakarannya terjadi sampai tanggal 13 Februari 2009. Sebuah prediksi juga menyebutkan bahwa asteroid 2004 MN4 akan menghantam bumi pada 13 April 2029.

Sementara tragedi Jum’at tanggal 13 yang pernah terjadi di Indonesia adalah Tragedi Semanggi I yang puncaknya terjadi tanggal 13 November 2008. Tragedi ini memakan ratusan orang luka, dan beberapa meninggal dunia.

Lebih sialnya lagi tahun ini, hari Jum’at tanggal 13 datang 3 kali. Yaitu tanggal 13 Februari lalu, 13 Maret hari ini, dan 13 November nanti. Jadi banyak orang yang tambah takut akan sialnya tahun ini jadi 3 kali lipat.

Saya pribadi, ndak percaya dengan sialnya Jum’at tanggal 13. Saya malah merasa beruntung dengan mitos ini karena banyak karya cipta yang dilahirkan karena mitos ini. Masih pada ingat serial tvri jadul yang seremnya minta maaf berjudul Friday the 13th? Serial ini seingat saya mengorbitkan tokoh seram Jason, yang kemarin saya lihat di bioskop transtv si Jason lagi duel sama Freddy si mimpi buruk.

Mungkin kalau di Jawa, mitos ini sama kaya kepercayaan akan seramnya hari Jum’at Kliwon kali ya. Kayanya hari Jum’at Kliwon identik dengan segala sesuatu yang menyeramkan.

Sekarang sih terserah pada diri masing-masing saja. Percaya atau ndak bahwa Jum’at tanggal 13 adalah (selalu) hari sial. Hari ini anda sial ndak? Hehe!

Related Post

1 thought on “Friday the 13th”

Comments are closed.