Inter Milan

4 menit waktu baca

Tanggal 9 Maret 1908, klub sepakbola favorit saya, Inter Milan resmi berdiri. Buat yang ndak suka Inter, saya mohon maaf kalau tim ini pernah mengalahkan tim favorit anda. Buat tim yang pernah mengalahkan Inter, tunggu saja pembalasannya. Karena hari ini ultahnya Inter, saya pengen cerita sedikit tentang Inter. Begini ceritanya…

Seperti yang saya bilang, Football Club Internazionale Milano (biasa disingkat Inter) berdiri tanggal 9 Maret 1908. Inter adalah tandingan dari Milan Criket and Football Club (sekarang namanya AC Milan) yang berdiri tahun 1898. Bisa dibilang, berdirinya Inter adalah untuk mengakomodir rasa sakit hati sebagian orang di kota Milano yang ndak bisa masuk AC Milan karena bukan berwarga negara Inggris dan Italia. Nah, untuk itu dibuatlah Inter. Nama Internazionale sendiri menunjukkan bahwa klub ini terbuka untuk semua orang tanpa memandang kebangsaannya.

Ndak lama setelah berdiri, Inter juara nasional tahun 1910. Bahkan Inter ndak cuma jadi jagoan nasional. Inter menjadi klub Italia pertama yang berhasil menjuarai Piala Champions 2 kali berturut-turut pada tahun 1964 dan 1965. Tapi ndak heranlah, karena waktu itu Inter memang sangat ditakuti oleh klub lain. Oleh publik Italia, Inter sampai dijuluki La Grande Inter, atau kurang lebih artinya “Inter yang Agung”.

Untuk menaklukan Inter, klub-klub pesaing menggunakan semua cara bahkan yang ndak menunjukkan semangat fair play. Terbukti, prestasi Inter akhirnya mandeg di tahun 1989 waktu Inter terakhir kali juara nasional. Sejak saat itu, Inter selalu gagal.

Tapi kemudian terbukti bahwa kegagalan Inter bukanlah kesalahan sendiri. Tapi karena kecurangan klub-klub pesaing yang berusaha mengalahkan Inter dengan cara-cara non teknis di luar lapangan. Akhirnya, klub-klub curang itu dikenai hukuman pengurangan poin, termasuk hukuman degradasi untuk Juventus karena klub ini adalah otak dari semua kecurangan yang berlangsung di Italia waktu itu.

Stadion yang menjadi rumah Inter adalah Stadio Giuseppe Meazza. Nama ini diambil dari seorang pemain yang menjadi legenda Inter karena berhasil membantu Inter merebut scudetto (juara nasional) sebanyak 3 kali, tahun 1930, 1938, 1940. Dia juga pemegang rekor pencetak gol terbanyak dalam 1 musim kompetisi dengan 31 gol yang blum terpecahkan sampai sekarang.

Selain Meazza, Inter juga memiliki legenda-legenda lain seperti Giuseppe Bergomi bermain untuk Inter sebanyak 758 pertandingan selama karirnya di Inter. Bergomi mulai main di Inter sejak tahun 1979 sampai 1999. Bayangin, 20 tahun dia main cuma untuk Inter. Rekor itu rasanya sulit dilewati pemain lain karena sejauh ini, pemain terbanyak yang memperkuat Inter adalah Javier Zanetti, yang sudah main sebanyak 632 kali, tapi umurnya sudah 36 tahun.

Kostum kebesaran Inter berwarna biru-hitam. Kebiasaan di Italia yang memberi julukan atas sesuatu dari warnanya pun berimbas pada julukan Inter yaitu Il Nerazurri, yang artinya Si Hitam Biru. Arti warna kostum itu adalah Malam (hitam) dan Langit (biru). Inter sempat merubah warna kostumnya waktu merger dengan US Milanese menjadi warna putih dengan palang merah di atasnya. Waktu itu nama Inter juga berubah menjadi Ambrosiana SS Milano (sering juga disebut Ambrosiana Inter). Sekarang warna kostum putih dengan palang merah itu dijadikan kostum keduanya.

Julukan Inter lainnya adalah Il Biscone (Si Ular Raksasa) dan La Beneamata (Yang Tersayang). Dijuluki Si Ular karena dalam kepercayaan orang Milan, Ular adalah binatang yang penting dan sakral. Inter dianggap memiliki kemampuan dan kesakralan yang sama dengan mitos ular itu.

Inter memiliki ribuan pendukung di seluruh Italia bahkan dunia. Di kota Milan sendiri, suporter Inter lebih banyak berasal dari kalangan sosial dan ekonomi menengah ke atas. Berbeda dengan rival sekota, Milan, yang digemari oleh kaum buruh. Suporter fanatik Inter disebut Ultras Inter. Kata Ultras berasal dari bahasa latin yang kurang lebih artinya di luar batas wajar. Jadi maksudnya, fanatisme mereka sudah benar-benar di luar batas wajar. Kumpulan ultras ini bernama Boys San, gabungan dari kelompok ultras lainnya, Viking, Irriducibili, Ultras, dan Brianza Alcoolica. Ultras Inter termasuk yang tertua di Italia, sejak didirikan tahun 1969. Di Indonesia, Inter juga punya kelompok pendukung yang bernama Interclub Indonesia.

Inter punya beberapa rival yang dianggap sepadan dengan kehebatan Inter. AC Milan otomatis menjadi rival utama karena berada di 1 kota. Setiap pertandingan antara Inter vs Milan akan menjadi pertandingan yang prestisius. Pertandingan derby (2 tim 1 kota) Milano dijuluki Derby della Madonnina, yang artinya kira-kira pertandingan antara anak-anak kesayangan Bunda Maria, yang patungnya berdiri anggun di puncak katedral kota Milano. Rival lainnya adalah Juventus, karena sebelum Juventus dihukum turun level karena kecurangannya, Inter dan Juventus adalah 2 klub yang ndak pernah turun level ke Seri B.

Sekarang, Inter adalah juara bertahan Seri A (kompetisi nasional), dan sampai hari ini, Inter masih memimpin klasemen musim 2008/2009 di atas Juventus dan Milan. Rasanya, untuk menjuarai Seri A lagi, bukan hal yang sulit karena Inter sekarang diperkuat 2 jenius yaitu Jose Mourinho (pelatih) dan Zlatan Ibrahimovic (penyerang). Inter cuma masih blum bisa menjuarai lagi Liga Champions, yang di musim ini Inter harus berhadapan dengan juara Inggris, Manchester United di babak selanjutnya.

Satu lagu kebangsaan bagi pendukung Inter berjudul C’e Solo L’Inter, yang artinya kurang lebih Interlah Satu-Satunya. Maksudnya bahwa cuma Inter klub satu-satunya yang blum pernah turun level di tingkat nasional. Inter selalu bermain pada level teratas kompetisi sepakbola Italia, Seri A.

Jadi, begitulah kira-kira tim sepakbola kebanggaan saya, Inter Milan. Selamat Ulang Tahun! Jayalah Inter!! :)

Related Post

2 thoughts on “Inter Milan”

  1. dan pada tanggal 12 maret 2009 inter harus tersingkir dari uefa champhion league

    Hehe! Iya deh..

Comments are closed.