Acungan Jari Tengah Mengakhiri Semuanya..

1 menit waktu baca

Hampir semua penggemar Liga Seri A Italia tau siapa Paolo Maldini. Saya yang penggemar Internazionale pun, honestly, mengagumi prestasi dan loyalitas Maldini di klub rival Inter, AC Milan. Bayangkan, hampir 25 tahun Maldini cuma bermain untuk Milan tanpa sekali pun berhasrat untuk pindah klub. Loyalitas yang tiada duanya, dan rasanya ndak akan bisa disamai oleh pemain manapun di jaman sekarang. Sayangnya, di akhir riwayatnya sebagai pemain sepakbola, Maldini harus melakoninya dengan cara yang kurang elegan. Sama sekali jauh dari jiwa seorang juara.

Di kompas, saya baca bahwa Maldini ternyata bermasalah dengan segelintir pendukung Milan sendiri. Di pertandingan terakhirnya di Giuseppe Meazza, Milan harus takluk 2-3 dari AS Roma. Kekalahan itu ternyata membuat segelintir Milanisti mengejek Maldini. Mereka bilang bahwa kapten sejati Milan adalah Franco Baresi. Bagaimana reaksi Maldini terhadap ejekan itu? Ndak ragu lagi, acungan jari tengah Maldini mengarah ke suporter itu. Menyedihkan banget..

Kejadian ini mengingatkan saya dengan tragedi pertandingan terakhir Zinedine Zidane. Di pertandingan terakhirnya yang kebetulan juga adalah partai grand final Piala Dunia 2006, Zidane malah menerima kartu merah setelah menanduk dada Marco Materazzi, bek Italia. Okelah, Zidane dan Maldini melakukan itu bukan tanpa alasan. Tapi seperti itukah sikap seorang juara? Seorang juara seharusnya adalah orang-orang yang sudah pernah menghadapi rintangan yang lebih berat dari ejekan semacam itu. Tapi, cuma karena masalah kecil begini mereka melupakan citra juara yang tertanam di benak jutaan orang. Sayang banget.

Tapi apapun itu, saya yakin Maldini, sama seperti Zidane, akan tetap menjadi pahlawan untuk penggemarnya. Nila setitik itu ndak akan merusak susu sebelanga. Jadi, saya cuma bisa bilang, selamat menikmati masa pensiun Maldini. Acungan jari tengahmu akan selalu saya ingat sebagai penutup karirmu.

Related Post

One thought on “Acungan Jari Tengah Mengakhiri Semuanya..”

Comments are closed.