Golput Juga Pilihan

1 menit waktu baca

Besok, tanggal 9 April 2009, adalah hari pemilihan umum. Sama seperti pemilu-pemilu sebelumnya, ndak semua warga negara menyambutnya dengan antusias. Banyak juga orang yang menyebut bahwa pemilu tahun ini adalah pemilu yang sama buruknya dengan pemilu-pemilu sebelumnya.

Banyak alasan yang mereka teriakkan untuk menolak berpartisipasi dalam pemilu. Mulai dari kualitas calon legislator dan presidennya yang ndak ada perubahan lebih baik, sampai dengan keputusasaan mereka bahwa pemilu lagi-lagi ndak akan menghasilkan perubahan apa-apa untuk negeri. Percuma saja untuk berdebat dengan mereka yang golput. Ujung-ujungnya mereka juga cuma akan bilang, “Golput juga pilihan”

Saya pernah nonton Sri Bintang Pamungkas berkomentar di tivi, bahwa pemenang pemilu kali ini cuma berkisar di orang-orang itu saja yang ndak jelas mutunya. Trus, mutu yang baik itu seperti apa? Panjang lebar dia jelaskan seharusnya legislator seperti ini dan itu, begini dan begitu, dst. Hmm.., andaikata negara ini bisa jadi lebih baik cuma karena omongan saja, saya pasti mendukung dia.

Tapi sudahlah, saya ndak pengen berpanjang lebar berkomentar tentang mereka yang golput. Saya cuma bisa bilang untuk mereka, “Enjoy your day, ajalah” hehe!

Buat yang nyontreng, banyak pilihan untuk anda kali ini. Ndak ada alasan untuk ndak memilih. Kalau mereka semua anda anggap jelek, pilihlah yang terbaik diantara yang jelek itu. Tapi saya yakin, ndak semua caleg seperti itu. Manfaatkan sedikit waktu anda hari ini untuk melihat-lihat lagi caleg di daerah pemilihan anda.

Bisikkan doa di dalam hati sebelum menyontreng. Berdoa semoga mereka yang terpilih, benar-benar orang yang mau dan mampu merubah nasib negara ini menjadi lebih baik. Nikmati setiap waktu anda sebelum, selama, dan setelah mencontreng. Ndak ada salahnya menjadi orang yang mau sedikit berusaha untuk ikut menentukan nasib bangsa ini ke depan. Lebih baik anda berbuat sedikit untuk negara ini, daripada ndak sama sekali.

Kalau boleh saya kutip kata-kata John F. Kennedy (mantan presiden Amerika Serikat);

“Ask not what your country can do for you, but what you can do for your country”

Jadi, selamat mencontreng!!

Related Post

1 thought on “Golput Juga Pilihan”

Comments are closed.