Kontroversi Tahunan

1 menit waktu baca

Indonesia adalah negeri para pendebat. Hampir setiap hal bisa menjadi kontroversi yang tak berkesudahan di negeri ini.

Kejadian apapun, bahkan hal yang paling remeh sekalipun, seperti bentuk alis artis sinetron, bisa menjadi bahan perdebatan. Bahkan seringkali menjadi saling hina.

Selain itu, perdebatan juga tergantung dari tanggal-tanggal tertentu di kalendar. Misalnya, menjelang tanggal 30 September seperti saat ini, kontroversi tentang aksi kudeta tahun 1965 akan selalu ada.

Berikut saya kumpulkan tanggal-tanggal tertentu yang seringkali menjadi kontroversi setiap tahunnya:

1 Januari. Biasanya akan muncul perdebatan mengenai perlu atau tidaknya merayakan tahun baru Masehi.

14 Februari. Perayaan hari Valentine selalu menimbulkan kontroversi di masyarakat.

11 Maret. Kontroversi di tanggal ini adalah tentang lahirnya Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar).

21 April. Perdebatan biasanya mengenai kepantasan Kartini menjadi pahlawan nasional atau pahlawan emansipasi. Kartini biasanya akan dibanding-bandingkan dengan pahlawan perempuan lainnya seperti Tjoet Nya’ Dien, Dewi Sartika, dll.

21 Mei. Pada tahun 1998, presiden Soeharto mengundurkan diri setelah terjadi kerusuhan di Jakarta. Topik ini akan selalu menjadi kontroversi setiap tahun.

1 Juni. Eksistensi Pancasila sebagai dasar negara Indonesia mulai sering diperdebatkan belakangan ini. Beberapa pihak mengaitkannya dengan usulan penerapan syariat. Tahun ini, perdebatan merembet kepada rencana pembubaran ormas yang dianggap anti-Pancasila.

20 Juli. Mungkin kontroversi di tanggal ini tidak ramai di Indonesia. Tapi netizen Indonesia juga sering terlibat perdebatan mengenai kebenaran pendaratan pesawat luar angkasa Apollo 11 di bulan, yang terjadi pada tahun 1969.

17 Agustus. Saya pikir tidak ada topik khusus yang menjadi kontroversi tahunan di tanggal ini. Tapi biasanya ada saja kejadian/peristiwa yang menimbulkan perdebatan. Misalnya tahun lalu, tentang anggota Paskibraka yang gagal mentas di istana karena masalah kewarganegaraan.

30 September. Isu tentang Partai Komunis Indonesia (PKI) dan segala hal yang terkait dengan komunisme selalu ramai diperdebatkan.

12 Oktober. Kontroversi mengenai tragedi kemanusian yang terjadi di Bali pada tahun 2002, masih selalu hangat diributkan setiap tahunnya. Misalnya, siapa yang sebenarnya melakukan aksi terorisme tersebut. Perdebatan seringkali menjurus ke isu agama.

10 November. Isu perdebatan di hari Pahlawan biasanya tentang kepantasan seseorang ditetapkan menjadi pahlawan nasional. Misalnya, apakah Soeharto layak menjadi pahlawan nasional, masih menjadi kontroversi sampai sekarang.

25 Desember. Isunya adalah mengenai ucapan selamat Natal. Haram atau halal?

Itulah beberapa tanggal yang akan selalu menimbulkan perdebatan di kalangan masyarakat, khusunya warganet di Indonesia. Mungkin ada tanggal lain yang sering diikuti oleh suatu perdebatan setiap tahunnya.

Indonesia memang benar-benar negeri penuh kontroversi.

 

Digiprove sealThis article has been Digiproved © 2017 Agung Pushandaka

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *