Salah Kaprah Lagu Bagimu Negeri

1 menit waktu baca


Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia baru saja berlalu. Dalam suasana hari kemerdekaan, beberapa tempat di Jakarta memutarkan lagu-lagu nasional termasuk Bagimu Negeri.

Ada cerita menarik tentang lagu ini.

Menurut yang saya baca pada buku sampul compact disc album Simfoni Negeriku oleh Addie MS, terdapat sekelumit cerita unik tentang lagu ini yang baru saya ketahui.

Kebanyakan orang mengenal lagu ini dengan judul Bagimu Negeri, seperti pada judul tulisan ini. Ternyata itu salah.

Judul dan lirik yang benar dari lagu ini adalah Bagimu Neg’ri. Hal tersebut dilakukan secara sengaja oleh penciptanya, R. Kusbini, sebagai sandi (kode) dari singkatan Negara Republik Indonesia (Neg RI).

Hal ini dilakukan untuk mengelabui tentara dan pemerintahan Jepang waktu itu yang sangat anti dengan semangat kebangsaan dan keindonesiaan. Karena alasan tersebut pula, pemerintahan Jepang saat itu melarang lagu Indonesia Raya dikumandangkan di seluruh wilayah pendudukannya.

Fakta lain yang saya baca dari sumber yang sama adalah bahwa lirik lagu ini sempat diubah Kusbini atas usulan Bung Karno.

Tadinya, lirik lagu Bagimu Neg’ri diakhiri dengan kalimat berbunyi “Bagimu Neg’ri Indonesia Raya”. Lalu diubah menjadi “Bagimu Neg’ri Jiwa Raga Kami” yang berlaku sampai saat ini.

Kisah ini telah dikonfirmasi oleh putra Kusbini, Sapta Ksvara Kusbini, seperti yang diberitakan oleh tribunnews.com.

Digiprove sealThis article has been Digiproved © 2017 Agung Pushandaka

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *