Beberapa Hal Menarik Tentang Mudik

1 menit waktu baca

Hari Lebaran telah tiba. Tradisi mudik selalu menjadi hal yang paling menarik dicermati menjelang hari raya tiba. Berikut beberapa hal menarik tentang mudik, yang saya ambil dari beberapa sumber.

Awal mula tradisi mudik.

Menurut tribunnews.com, ternyata tradisi mudik sudah ada sejak zaman Majapahit. Saat itu, tradisi ini dilakukan untuk berziarah dan membersihkan makam leluhur.

Mungkin saat itu, mudik tidak dilakukan pada saat lebaran dan lebih dilakukan untuk memohon keselamatan.

Sementara tradisi mudik saat Lebaran, masih menurut sumber yang sama, baru dikenal sejak era 1970an.

Pada saat itu Jakarta di rezim orde baru berkembang menjadi daya tarik bagi urbanis untuk mencari pekerjaan. Sehingga saat libur Lebaran tiba, mereka harus pulang kampung untuk berkumpul dengan keluarga di desa.

Moda transportasi yang digunakan untuk mudik.

Transportasi umum masih dipilih sebagian besar pemudik. Sejak jauh-jauh hari, tiket kereta api telah habis terjual. Sementara terminal bis dan bandar udara selalu disesaki calon pemudik menjelang hari Lebaran tiba.

Tapi menurut liputan6.com, tersedia pula moda transportasi lain yang mungkin sulit dinikmati sebagian besar pemudik. Misalnya pesawat jet pribadi.

Layanan ini dapat dinikmati oleh nasabah Bank BNI. Tentu dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Bagi pemilik kendaraan pribadi, mobil dan sepeda motor tetap menjadi pilihan utama. Sekalipun ada pula yang menggunakan bajaj yang sehari-hari digunakan mencari nafkah di Jakarta sebagai trasnportasi mudik.

Bahkan ada pula yang mengendarai sepeda!

Barang bawaan saat mudik.

Para pemudik seringkali membawa barang-barang yang sangat banyak saat mudik. Sebagian besar barang itu adalah buah tangan untuk keluarga di kampung halaman.

Oleh-oleh yang biasa dibawa para pemudik tentu barang-barang khas yang tidak bisa ditemukan di daerah asal. Misalnya makanan atau pernak-pernik lain.

Tapi ada pula pemudik yang membawa seluruh isi rumahnya karena tidak berniat kembali ke kota. Begitu kira-kira yang saya baca dari batam.tribunnews.com beberapa hari lalu.

Kondisi perekonomian yang memburuk, membuat banyak urbanis memilih meninggalkan Batam dan tidak akan kembali. Sehingga peralatan rumah tangga seperti televisi, kulkas bahkan panci pun dibawa serta.

Tapi diantara hal-hal menarik di atas, ada satu hal penting yang harus diingat saat mudik.

Menurut Cak Lontong, komedian ternama, melalui akun twitter @C_lontong mengatakan bahwa hal yang paling penting untuk dipastikan sebelum mudik adalah anda memiliki kampung halaman.

Selamat mudik. Hati-hati di jalan.

Digiprove sealThis article has been Digiproved © 2017 Agung Pushandaka

Related Post