James Bond, Yang Abadi

3 menit waktu baca

Sudah nonton film kisah agen double 0 seven dari Inggris yang berjudul Skyfall? Saya sudah menontonnya sekitar dua minggu yang lalu. Tapi, saya ndak mau menulis tentang Skyfall. Saya sarankan anda menontonnya secara langsung sebab saya ndak akan mampu menggambarkan kedahsyatan film ini di blog. Saya cuma ingin berbagi sedikit tentang apa yang saya tau tentang hal-hal di sekitar James Bond dan filmnya yang tahun ini merayakan 50 tahun sejak produksi perdananya. Bagi penggemar James Bond, atau minimal pernah menonton film-film teradahulu, pasti akan menyadari ada hal-hal yang (hampir) ndak pernah berubah, atau selalu muncul di setiap filmnya. Bukan aktor pemerannya, tentu saja. Sejak awal, pemeran James Bond memang selalu berubah-ubah, beberapa yang sukses antara lain Sean Conerry, Roger Moore dan Pierce Brosnan. Lalu apa yang abadi dari perjalanan film ini dari tahun ke tahun? Berikut beberapa yang saya tau..

1. Gunbarrel Sequences. Adegan ini adalah salah satu ciri khas film James Bond dari masa ke masa. Biasanya muncul di awal film, sebelum aksi pertama dalam film dimulai. Masing-masing aktor punya gayanya sendiri dalam menembakkan pistolnya ke arah penembak yang diset seakan-akan penontonlah yang sedang membidik James Bond yang sedang berjalan. Setelah aksi tembakan James Bond, maka mengalirlah warna merah darah melumuri layar lebar. Bagi yang ndak tau seperti apa gunbarrel sequences, gambarnya saya tampilkan di bawah ini. Disusul gambar selanjutnya adalah beberapa pose menembak James Bond sesuai aktor pemerannya.

Gunbarrel Sequences
James Bond dalam Gunbarrel Sequences

2. Penayangan Original Sound Track (OST) secara utuh. Film-film James Bond memiliki ciri yang berbeda dibandingkan film-film lainnya dan selalu ada di setiap filmnya. Yaitu penayangan OST secara utuh di awal film. Lagu ini biasanya muncul setelah adegan gunbarrel dan aksi laga Bond di awal film. Biasanya, pada saat penayangan lagu ini, ditampilkan juga judul film dengan latar belakang Bond dalam wujud abstrak. Ini selalu ada dalam setiap film James Bond 007. Buat saya, Golden Eye masih yang paling oke diantara lagu-lagu Bond lainnya.

3. Bond Introduction. Pernah memperhatikan cara Bond memperkenalkan diri? Ini juga salah satu ciri khas agen ganteng yang selalu berusaha tampil rapih dalam kondisi apa pun, yaitu dengan menyebut nama belakangnya dulu, disusul nama lengkapnya kemudian. “Bond,, James Bond” dengan nada dan intonasi yang identik. Elegan..

4. Bond Girls. Ini salah satu daya tarik film Bond. Wanita cantik dan sexy yang kemudian menjadi kekasih Bond di sebuah filmnya selalu tampil dan diperankan oleh aktris-aktris pilihan. Tapi pernah saya baca di internet, “kebiasaan” Bond yang berganti-ganti pasangan ini membuat Bond dikritik oleh aktivis kesehatan seksual yang mengatakan bahwa kehidupan seksual Bond adalah anti sex yang sehat. Semoga saja James Bond selalu sehat dan tampil enerjik menumpas musuh di setiap filmnya.

5. Lagu tema James Bond; Dr. No. Saya yakin, bahkan sekalipun anda bukan penggemar James Bond, anda akan tau atau pernah mendengar lagu ini. Lagu tema ini benar-benar melegenda, dan sudah dimainkan dalam berbagai macam versi oleh beberapa musisi dunia. Lagu ini selalu tampil dalam setiap film James Bond. Bagi yang blum tau seperti apa lagunya, berikut saya tampilkan yang versi orkestra. Keren banget.

Itulah sedikit yang saya ingat tentang James Bond dan filmnya. Kalau ada yang terlewat, mohon dimaklumi. Sebab untuk film-film James Bond terdahulu, saya sudah agak lupa karena menontonnya waktu saya masih anak-anak belasan tahun silam. Menontonnya pun secara sembunyi-sembunyi sebab film James Bond selalu dilabeli rating dewasa dengan tampilnya adegan-adegan syur di dalamnya untuk mengendurkan ketegangan yang dialami penonton dalam mengikuti setiap aksi agen flamboyan ini.

Semoga apa yang saya bagi di sini, bisa membuat anda yang blum pernah nonton aksi Agen 007, menjadi lebih tertarik untuk pergi ke bioskop dan menontonnya.

Digiprove sealThis article has been Digiproved © 2012 Agung Pushandaka

Related Post

11 thoughts on “James Bond, Yang Abadi”

  1. Film-film ini memang terkenal ya, saya rasa hampir semua orang pasti pernah menonton salah satu diantara sekian banyak film James Bond. Eh, terima kasih infonya di tulisan ini.

  2. saat kecil dulu, saya paling sering sewa CD (dulu baru demam VCD) film-film James Bond. Walau nggak tau banget alur ceritanya, tetep aja suka. Paling suka sama gadget-gadgetnya, apalagi mobilnya…

  3. Saya belum nonton, demikianlah kalau ditempatkan di daerah pinggiran, yah tunggu tayang di televisi saja :).

    Bukan penggemar Bond, tapi kalau diajak nonton biasanya pasti tidak menolak.

  4. iya itu ciri2 khas james bond banget. dan gak lupa gadget2 canggih, serta mobil mahal..yang biasanya bakal ringsek pas kebut2an sama musuhnya. *sayang banget

Comments are closed.