Putri Indonesia Yang Berbahasa Inggris

1 menit waktu baca

Topik talkshow di Metro TV siang ini adalah tentang kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki Putri Indonesia saat berlaga di Miss Universe 2010.

Bukan bermaksud mengejek apalagi menjelek-jelekkan, tapi kalau saya melihat rekaman videonya, kualitas bahasa Inggris sang putri hanya sedikit saja lebih baik daripada saya.

Padahal Putri Indonesia adalah seorang duta negara, maka – menurut banyak orang – seharusnya memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik.

Tapi haruskah demikian?

Saya pernah menonton kontes pemilihan putri sejagat ini di televisi.

Beberapa peserta ada yang menjawab pertanyaan menggunakan bahasa Inggris, ada pula yang tidak.

Malah Miss Universe 2010 akhirnya dimenangkan oleh Miss Mexico yang sama sekali tidak berbahasa Inggris selama pemilihan berlangsung. Artinya, bahasa Inggris bukan syarat mutlak untuk mengikuti bahkan memenangkan pemilihan Miss Universe.

Sebenarnya, apakah seseorang yang mewakili negaranya mampu berbahasa Inggris atau tidak, bukanlah masalah besar.

Misalnya seorang presiden tidak harus menyampaikan pidatonya dalam bahasa Inggris pada pertemuan internasional.

Pak Harto selalu memanfaatkan jasa penerjemah. Bahkan – koreksi saya kalau salah – Chrisye pun diminta untuk berpidato dalam bahasa Indonesia saat memenangkan penghargaan MTV pada tahun 1998 di Los Angeles.

Ini bukan hanya masalah mampu atau tidak, tapi juga masalah mau atau tidak. Sebab, masalah bahasa juga masalah kebanggaan nasional.

Berbahasa Indonesia di ajang internasional bukanlah hal yang memalukan.

Digiprove sealThis article has been Digiproved © 2017 Agung Pushandaka

Related Post

22 thoughts on “Putri Indonesia Yang Berbahasa Inggris”

  1. Berbahasa Indonesia di ajang internasional memang bukanlah hal yang memalukan. tetapi kita juga harus realistis donk… seberapa banyak orang yang hadir pada acara tersebut yang mengerti bahasa indonesia. memanfaatkan jasa penerjemah, apa gak terlalu ribet untuk ajang seperti pemilihan miss universe?? hehe… just my opinion. :) :) :)

    Agung Pushandaka Reply:

    Terima kasih untuk opininya. :)

    Secara umum kegiatan internasional yang melibatkan peserta dari berbagai negara biasanya menyediakan tenaga penerjemah, termasuk ajang Miss Universe ini. Penyelenggara Miss Universe menyediakan tenaga penerjemah untuk semua peserta yang memilih untuk menggunakan jasa penerjemah. Jadi ndak ada yang merasa ribet sebab itu adalah fasilitas untuk seorang duta negara.

  2. Iya Sob Kenapa gak menggunakan bahasa Indonesia saja bila ia merasa kurang. Toh, nanti dalam wawancara tersebut ada teksnya…
    Entah gengsi atau apalah…..

    Padahal dengan Bahasa mencerminkan negara…

  3. Saya rasa walau pun bisa berbicara bahasa Inggris, tapi jika kita bisa lebih baik menyampaikannya dalam bahasa Indonesia, mengapa tidak, bawalah itu ke forum dunia.

    Dari pada berbahasa Inggris, tapi nanti bikin orang salah kaprah.

  4. Benar, sebaiknya duta negara dalam forum internasional, harus bangga menampilkan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, kecuali pada forum tertentu diwajibkan mengungkapkan “with English”. ;)

  5. hehe malu kali mas :D ntar siapa yang mau nerjemahin xixi

    Agung Pushandaka Reply:

    Tenang saja, banyak kok yang bersedia menjadi penerjemah. :)

  6. Ya.. Pakai bahasa indonesia donk

    Sekedar ingin menyapa dan menyampaikan salam kenal dari komunitas keluarga miskin.
    Semoga sudi mengunjungi blog kami untuk menyumbang kesempatan meraih masa depan yang lebih baik dan harmonis.
    Terima kasih

  7. saya juga setuju kalau memang bahasa inggris kita kurang bagus ya kenapa nggak menggunakan jasa translator? Nggak dosa, lagi :)
    Toh memang juga sudah disediakan buat mereka yang ikut ajang Miss Universe kan? Kenapa nggak digunakan? Malu? Gengsi? *sigh*

  8. itulah mas, kenapa aku gak mau jadi putri indonesia, karena aku gak bisa bahasa inggris heheheheh

    tapi benar juga, mau ngomentari pernyataan terakhir itu. sebaiknya jujur aja kalo gak bisa, dari pada malu-maluin. heheehh

  9. Saya setuju. Lebih baik menggunakan bahasa indonesia dalam sesi tanya jawab kalau merasa kemampuan bhs inggris nya biasa2 saja. Kalau dipaksakan, akibatnya malah tidak percaya diri dan akhirnya jawabannya malah belepotan.

  10. saya setuju, tidak diharuskan pakai bahasa Inggris. Tapi kalau memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, dalam konteks lain akan sangat bermanfaat tentunya.

  11. bagi indonesia, berbahasa inggris adalah keren. padahal, ketika berada dalam ajang internasional, berbahasa inggris adalah kewajaran. ini bagian dari keganjenan budaya. beberapa miss universe (setahu saya), memang selalu menggunakan bahasa ibu ketika menjawab pertanyaan juri di ajang internasional.

    saya sepakat, kita harus membawa bahasa indonesia ke pergaulan internasional.

    *kritik: bali clean and green harusnya diterjemahkan menjadi bali kedas lan gadang..

  12. kalo sebaiknya menggunakan bahasa inggris… tapi yang udah lancar dan fasih, kalo belum banget ya pake bahasa indonesia saja…
    kalo tidak salah sudah 2 kali putri indonesia di ajng miss universe ketika diinterview bahasa inggrisnya masih belum baik…

  13. iya seharusnya menjadi diri apa adanya,g harus pake bahasa bule..
    kan sekalian bisa memperkenalkan bahasa Indonesia kepada dunia

    salam, ^_^

  14. Bli Gung,
    Setahu saya panitya memberikan pilihan kepada peserta apakah mau menggunakan bahasa ibu, inggris atau keduanya.

    Dari satu sisi, menurut saya karena ini ajang internasional setidaknya peserta harus benar-benar fasih, jika tidak gunakan saja bahasa ibu, dari English belepotan :(

Comments are closed.