Nostalgia di Tivi

1 menit waktu baca

Setelah seminggu ndak bisa melakukan aktifitas blogging dan sejenisnya karena ada masalah teknis yang ndak saya mengerti, baru sekarang saya bisa menyentuh rumah maya saya lagi. Sebagai tulisan pemanasan, saya pengen tulis tentang tivi. Iya, saya tertarik untuk bernostalgia tentang program acara kuis/permainan yang dulu marak di layar tivi. Kebetulan, sekarang di RCTI beberapa kuis jadul itu dimainkan kembali dengan gaya dan presenter baru. Kuis-kuis yang ditayangkan kembali itu antara lain adalah Taktik Boom, yang dulu dibawakan oleh Dede Yusuf sekarang dikawal oleh Charles Sirait. Ada juga kuis Apa Ini Apa Itu yang dulu jadi tontonan wajib saya sepulang sekolah, kini dibawakan oleh Olga Syahputra menggantikan peran Jeffry Waworuntu. Ada juga Family 100 yang tayang kembali dengan nama Super Family.

Sebenarnya banyak lagi acara kuis yang dulu jadi favorit saya. Program acara semacam ini, bukan cuma menghibur, tapi juga menambah pengetahuan umum. Acara-acara ini selalu menjadi teman bagi seluruh anggota keluarga untuk duduk berkumpul di depan tivi dan berlomba-lomba untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan si pembawa acara dengan benar. Ada kebanggaan sendiri kalau bisa menjawab pertanyaan itu dengan tepat. Kalau pun ndak bisa, kita jadi tau hal baru dari pertanyaan itu.

Beberapa yang terfavorit untuk saya dan keluarga salah satunya adalah Aksara Bermakna. Menurut saya, pertanyaan-pertanyaan di kuis ini adalah yang tersulit di antara kuis-kuis lainnya. Acara ini dulu ditayangkan di TVRI. Pembawa acaranya adalah Bung Kepra. Formatnya sederhana banget.  Cuma menjawab pertanyaan yang jawabannya diawali oleh huruf yang sudah dipilih peserta. Babak bonusnya menantang banget, sebab jawabannya ndak cuma diawali 1 huruf. Seru!

Ada banyak lagi program kuis/permainan lain di layar tivi dulu. Lebih mengasyikkan daripada menonton sinetron dan sejenisnya. TVRI punya Berpacu Dalam Melodi, Gita Remaja, Siapa Dia, dsb., termasuk juga program acara Cerdas-Cermat yang legendaris itu. Sementara RCTI dulu memainkan lebih banyak kuis dan lebih bervariasi, seperti Kata Berkait, Kuis Piramida, Kuis Keluarga Lifebuoy, Who Wants To Be a Millionaire, Kuis Jari-Jari, dsb. TPI punya Kuis Dangdut yang mempopulerkan teriakan Jaja Miharja, “Apaan Tuh?!”, ada juga Komunikata. SCTV punya Kuis Galileo yang susah banget menurut saya. Hehe! Di Indosiar ada Kuis LG yang pesertanya anak-anak sekolah. Banyak lagi program acara kuis/permainan tivi jaman dulu yang memperluas wawasan dan pengetahuan kita. Semoga ada lagi di antara kuis/permainan di atas yang akan ditayangkan kembali dengan jam tayang yang lebih enak untuk dinikmati seluruh anggota keluarga.

Anda punya program kuis/permainan favorit?

Related Post

24 thoughts on “Nostalgia di Tivi”

  1. saya suka kuis baru yang sedang tayang di Trans TV, “Ranking 1.” Meskipun kuis itu nyontek acara yang sama di Korea, tapi ok juga lah ;)

  2. Heee ternyata pengamat pertelevisian Bli Agung ini, kalau mengingat yang dulu, jujur saya paling suka AKSARA BERMAKNA, tidak jarang sampai ngotot-ngototan dengan keluarga waktu nonton heee :)

  3. Sekarang kuisnya banyak yang aneh, produk impor tapi gimana gitu. Jadinya saya tidak berminat lagi nonton kuis, tapi memang nonton tivi pun sudah tidak menarik – kecuali kemarin pas ada wawancara eksklusif Desi Anwar dan Dalai Lama.

  4. Membaca tulisan diatas, saya seperti diajak bernostalgia untuk kembali mengingat acara2 yang dulu pernah berjaya di Stasiun TV. Sungguh menghibur sekali tulisannya. Oh ya, saya suka tak tik boom lho. Pokoknya bela-belain buat nonton tu acara. Habis seru sih. Saya juga suka gita remaja. Mengasah kemampuan pengetahuan kita tetang lagu2. Pokoknya oke deh.

  5. Wah saya suka Apa Ini Apa Itu. Hahahaha… sumpah suka banged, tiap pulang sekolah pasti nonton itu. Suka juga dengan Siapa Dia…
    Ah rasanya acara2 dulu itu lebih berkesan deh daripada yang sekarang :)

  6. sayang banyak presenternya yg diganti, andai di-remake dengan presenter tetap mungkin bisa mengobati kerinduan di masa kecil ^_^

  7. dulu emang tivi dikuasai acara-acara kuis ama sinetron, tapi sekarang sinetron juga masih ding,hehe…saya baru liat super family, kalo yang lain belum pernah nonton (yang versi barunya)…

  8. apa ini apa itu, kata berkait favorit saya. haha
    tapi yang agak mencerdaskan dikit sih kuis LG 100..
    wah, sekarang tipi hanya penuh dengan shitnetron..

  9. saya juga menyukai semua kuis itu walaupun tidak begitu ingat semuanya.. kuis family 100 itu saya suka sekali, tapi pembawa acaranya cuma pas dengan sonny tulung.

    oya, kuis keluarga lifebuoy itu saya ingat dulu pasti sebelum serial knight rider ya? hehehe, kalau ndak salah setiap hari rabu, selama 30 menit. trus hari jumat jadwalnya macgifer (gitu ya tulisannya).. ah, rasanya masa kecil dulu indah sekali dengan acara tivi yang menyenangkan, hehe

  10. ada satu kuis yang kurang “sang Juara” yang dibawakan oleh alya rohali dan helmy yahya di Indosiar. sekarang ada kuis yang mirip tuh tiap paginya. lupa nama acaranya paan :???:

  11. Sayang aku sekarang bukan penikmat acara TV, jadinya acara2 yang ada banyak tidak tahunya. Kalau dulu nonton TV masih bisa mengambil inti positif yang terkandung disetiap tayangan nya, sekarang :?: sepertinya kita selalu dicekok i racun yang selalu mengumbar peran antagonis. Waduh…… koq OOT sih, maaf Gung lagi emosi liat acara infotaiment yang nyiarin masalah video terus :evil:
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  12. Galileo! Mau tau alasannya? Menghibur dan mendidik, sangat disayangkan sekarang sudah tidak ada lagi. Padahal itu favorit saya, ingin rasanya mendapat boneka maskot Galileo, haha.

  13. Kuis paling bagus jaman dulu menurut saya adalah Indosat Galileo.. Menarik rasanya melihat experimen-experimen fisika yang yang kadang hasilnya duluar dugaan. Terus pertanyaan-pertanyaan dari bidang lain seperti tingkah laku binatang. Hm.. kangen..

Comments are closed.