Selamat Tahun Baru Bagi Para PNS!

1 menit waktu baca

Selamat tahun baru 2017!

Sebagai seorang pegawai negeri sipil, saya ingin mengucapkan selamat tahun baru khususnya bagi seluruh pegawai negeri sipil (PNS) di seluruh Indonesia.

Tapi ada satu hal yang mungkin kurang menyenangkan untuk PNS pada tahun ini. Yaitu jatah cuti tahunan yang sudah berkurang banyak sejak awal tahun.

Berdasarkan Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, PNS “diwajibkan” cuti selama 6 hari, yaitu pada tanggal 2 Januari, 27-30 Juni dan 26 Desember 2017.

Kewajiban cuti ini mengurangi jatah cuti tahunan.

Padahal saya dan mungkin beberapa pegawai negeri tidak merencanakan untuk tidak masuk kantor pada hari dan tanggal di atas tadi.

Misalnya tanggal 27-30 Juni 2017, saya tidak berencana untuk cuti karena saya lebih menikmati suasana Lebaran di Jakarta saja. Saya pun bersedia untuk masuk bekerja di tanggal itu. Libur Lebaran selama 2 hari sudah lebih dari cukup untuk saya.

Apabila ada pegawai yang ingin pulang kampung pada tanggal itu, silakan mengajukan cuti.

Pasal 4 Ayat (4) Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1976 tentang Cuti Pegawai Negeri Sipil mengatur syarat mendapatkan cuti, yaitu mengajukan permintaan secara tertulis kepada pejabat yang berwenang memberikan cuti.

Artinya, cuti baru diberikan kalau diminta secara tertulis oleh pegawai yang bersangkutan.

Sementara saya tidak pernah dan tidak akan mengajukan permintaan cuti pada tanggal tersebut, tapi dipaksa untuk cuti yang tidak bisa saya tolak.

Jadi, mau tidak mau, para menteri itu memaksa saya untuk cuti. Bahasa kasarnya, mereka memotong jatah cuti tahunan saya secara sepihak.

Mungkin anda PNS yang sependapat dengan saya.

Tapi tentu tidak semuanya berpikir demikian.

Maka daripada saya menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengeluh di awal tahun ini, saya mengucapkan selamat tahun baru 2017.

Semoga sukses!

Digiprove sealThis article has been Digiproved © 2017 Agung Pushandaka

Related Post