Hacksaw Ridge: Arti Sebuah Tujuan Hidup

2 menit waktu baca

Sudah nonton Hacksaw Ridge? Saya sudah.

Film yang dibintangi oleh Andrew Garfield, dan disutradarai Mel Gibson, menarik perhatian saya karena embel-embel based on true story. Saya memang sangat menyukai sejarah. Sejarah tentang apa saja, baik sejarah tentang seseorang, tentang kejadian, atau sejarah apapun.

Kali ini, saya tau tentang seorang Desmond Doss, seorang anak udik yang sangat religius tapi sekaligus juga seorang patriot.

Sebenarnya ada pertentangan antara sisi religius dan patriotisme seorang Desmond. Pada masa itu, saat Perang Dunia II masih berlangsung, patriotisme anak muda di Amerika Serikat diukur dari keberanian mereka untuk ikut berada di garis terdepan medan perang. Menaklukkan tentara musuh, kalau perlu bahkan membunuhnya. Tapi di sisi religinya, Desmond sangat menentang kekerasan. Jangankan membunuh, untuk membalas kekerasan yang dia alami pun ogah.

Saya belajar tentang tujuan hidup dari seorang Desmond.

Saya tau, kita semua ndak akan pernah tau apa yang menjadi tujuan hidup kita di sini, di bumi. Itu menjadi rahasia terbesar Tuhan. Hanya Dia yang tau.

Saya pun yakin, Desmond ndak pernah tau apa tujuan hidupnya. Dia hanya meyakini, bahwa dia diciptakan Tuhan untuk membantu atau menyelamatkan orang lain. Dia bisa meyakini itu karena tebalnya keimanan dia terhadap Tuhannya.

Saat seseorang sudah begitu dekatnya dengan sumber kebenaran dalam hidupnya, maka ndak ada bisa yang menggoyahkan keyakinannya. Dia menanamkan nilai yang sangat tinggi di hidupnya, sehingga ndak ada satupun perlakuan manusia yang sanggup merendahkan itu.

Dia juga telah meyakini tujuan hidupnya, maka ndak ada lagi yang bisa mengubahnya. Bujukan, rayuan, hinaan bahkan paksaan untuk mengubah pendiriannya, seperti menghadapi sebuah tembok tebal. Rontok semua.

Perlakuan yang melecehkan, dipandang sebelah mata, dikatai pengecut, yang harus dihadapi Desmond muda seperti ndak ada habisnya. Tapi dia cuma menanggapi dengan senyuman, meskipun mukanya babak belur oleh perbuatan teman-temannya sendiri.

Dari film ini saya belajar, saat kita dekat dengan-Nya, kita akan mampu meyakinkan diri sendiri akan tujuan hidup kita. Keyakinan itu akan berarti banyak bagi kita sendiri, terutama membantu kita untuk menemukan jalan demi meraih tujuan itu.

Sampai akhirnya Tuhan yang mengangkat derajat kita. Seperti Desmond, dari yang diremehkan diangkat-Nya menjadi seorang pahlawan bagi negeri dan sesama manusia.

***

Di luar konten religinya, film ini sangat layak ditonton bagi penggemar film perang. Film ini ndak melulu berisi drama percintaan, komedi sarkas ala militer, tapi juga aksi perang yang sebenarnya.

Tapi bukan tontonan yang pas untuk anak-anak dan remaja, soalnya banyak adegan kekerasan dan visual luka yang mengerikan. Jangan juga ajak bayi anda ke bioskop karena suara ledakan dalam perang di Okinawa akan mengagetkannya dan membuat bayi anda takut.

Saya bilang film ini bagus. Ndak heran, IMDb memberi skor 8,7 dari 10 untuk film ini.

Sumber foto: http://www.imdb.com/title/tt2119532/mediaviewer/rm2660241152
Sumber foto: http://www.imdb.com/title/tt2119532/mediaviewer/rm2660241152
Digiprove sealThis article has been Digiproved © 2016 Agung Pushandaka

Related Post

2 thoughts on “Hacksaw Ridge: Arti Sebuah Tujuan Hidup”

  1. Filmnya bener2 bagus menceritakan bagaimana seseorang bisa sangat kuat berpegang teguh pada keyakinannya dan membuktikan pada semua orang bahwa dia benar … film yang menginspirasi terutama karakter Desmon Doss

Comments are closed.