Siapa Juara Euro 2012??

Musim panas tahun ini, tepatnya mulai tanggal 8 Juni sampai 1 Juli 2012, Ukraina dan Polandia menjadi tuan rumah bersama perhelatan turnamen sepakbola terbesar di Eropa yang melibatkan negara-negara terbaik. Seperti biasa, banyak pengamat sepakbola yang memprediksi siapa yang akan menjadi juara, seperti yang dilakukan oleh kesebelasan nasional sepakbola Spanyol 4 tahun lalu. Ndak mau kalah dengan para pengamat profesional di media, di tulisan kali ini saya juga mau membuat sedikit prediksi tentang siapa yang akan menjadi juara. Saya merasa prediksi saya akan sangat netral karena saya ndak punya favorit di turnamen ini. Untuk sebuah tim nasional, tim jagoan saya tetaplah tim nasional sepakbola Indonesia, walaupun semakin ke sini, gawang tim Indonesia semakin mudah untuk dijebol tim lawan. Maka inilah prediksi versi saya…

Babak Penyisihan Grup;

Grup B adalah grup yang paling sulit diprediksi karena melibatkan 3 jagoan tradisional Eropa, yaitu Belanda, Jerman dan Portugal. Tapi melihat perkembangan terakhir, saya lebih menjagokan Jerman dan Belanda yang melaju ke babak perempat final. Siapa yang akan menjadi juara grup saya rasa cuma akan ditentukan oleh selisih gol. Sementara Portugal akan kesulitan melawan 2 tim besar tadi, apalagi kalau masih hanya menggantungkan serangan kepada seorang Cristiano Ronaldo. Bahkan, Denmark pun akan sulit mereka kalahkan karena otomatis mereka akan mengetatkan penjagaan kepada sang bintang. Prediksi saya, Jerman lolos sebagai juara grup, Belanda runner-up.

Sementara grup-grup lainnya lebih mudah saya prediksi. Republik Ceko, Italia, Spanyol, Perancis dan Inggris akan lolos dari grupnya masing-masing. Agak sulit memprediksi siapa yang akan menemani Ceko lolos dari grup A karena 3 tim lainnya memiliki kemampuan yang merata, yakni Rusia, Polandia dan Yunani. Kalau melihat dari penampilan klub-klub Rusia di ajang liga kompetisi antar klub Eropa, sebenarnya saya pengen menempatkan mereka sebagai runner-up Grup A. Tapi, ndak seru rasanya kalau tuan rumah ndak lolos ke babak selanjutnya, apalagi Polandia juga sebenarnya ndak jelek-jelek amat. Maka prediksi saya, Ceko dan Polandia lolos dari Grup A sebagai juara dan runner-up, Italia (juara grup) dan Spanyol (runner-up) dari Grup C, serta Perancis dan Inggris dari Grup D.

Perempat Final;

Dengan komposisi tim yang lolos dari babak penyisihan grup tadi, maka di perempat final akan mempertemukan tim-tim sebagai berikut; Ceko vs Belanda; Jerman vs Polandia; Italia vs Inggris; dan Perancis vs Spanyol. Rasanya, secaya obyektif kita semua sepakat bahwa Belanda akan lolos ke semifinal mengalahkan Ceko. Sebenarnya Ceko bukan tim yang jelek, tapi Belanda berada di kelas yang lebih baik. Jerman juga akan mudah saja mengalahkan Polandia.

Nah, 2 partai lainnya lebih sulit diprediksi. Selama tidak ada hal-hal nonteknis di luar lapangan pertandingan, saya rasa Italia akan mampu memulangkan Inggris. Seperti biasa, Inggris akan memanfaatkan kecepatan pemain-pemain sayapnya. Tapi Italia dengan tehnik dan power yang dimilikinya akan meredam serangan cepat Inggris dengan pertahanan kuat sambil melakukan serangan balik yang cepat. Sementara partai Perancis melawan Spanyol akan dimenangkan oleh Spanyol. Sulit rasanya memprediksi Spanyol tidak lolos ke semifinal sebab mereka adalah juara bertahan.

Semifinal dan Final;

Semifinal 1 akan mempertemukan Belanda vs Italia. Saya jadi ingat waktu mereka bertemu di partai dan turnamen yang sama beberapa tahun lalu. Waktu itu serangan-serangan Belanda yang membabi buta, bisa diredam oleh lini pertahanan Italia sampai melibatkan kiper mereka, Francesco Toldo, untuk menahan 3 tendangan penalti Belanda di waktu normal dan melaju ke final lewat adu penalti. Drama yang sama rasanya akan terulang lagi, walaupun tidak sedramatis itu. Saya rasa Italia akan melaju ke final, memanfaatkan kelengahan lini belakang Tim Oranye.

Semifinal 2 memanggungkan Jerman vs Spanyol persis laga final Euro sebelumnya yang dimenangkan Spanyol lewat gol tunggal Fernando Tores. Hegemoni klub-klub Spanyol di liga Eropa beberapa tahun terakhir sepertinya ndak akan berlanjut di partai ini. Jerman dengan kematangan dan powernya, akan meredam penampilan Spanyol yang identik dengan permainan Barcelona. Lini tengah Jerman yang lebih muda dan bertenaga akan mampu menghadang kemampuan teknis gelandang Spanyol seperti Xavi Hernandez dan Francesc Fabregas. Maka, Jerman akan menantang Italia di final.

Di partai akhir, saya rasa akan memainkan pertandingan penuh drama, persis seperti laga-laga mendebarkan yang selalu melibatkan Italia. Tim Azzuri akan memainkan taktik sepakbola yang efektif, menunggu di daerah pertahanan sendiri untuk memancing agresifitas pemain-pemain muda Tim Panzer yang mengisi lini tengah. Penampilan gemilang Internazionale dan Chelsea saat mereka memenangkan tropi Liga Champions dengan memainkan taktik tradisional Italia, akan menjadi inspirasi bagi tim berkostum biru ini memenangkan kejuaraan 4 tahunan ini.

Itu prediksi saya, bagaimana prediksi anda?

Digiprove sealThis article has been Digiproved © 2012 Agung Pushandaka

3 Responses to “Siapa Juara Euro 2012??”


  1. imadewira

    Wow, prediksinya memang sangat netral dan masuk akan akal. Tapi namanya juga prediksi dan dalam sepakbola apa pun bisa terjadi.

    Saya sih berharap pemenangnya bukan Spanyol, bukan anti Spanyol cuma rasanya ndak rela mereka terus yang juara. Saya sebenarnya menginginkan Inggris yang juara, kasian mereka punya liga yang terkenal tapi ndak pernah berprestasi.

    Tapi kok kayaknya kali ini waktunya Jerman untuk berpesta ya..

  2. iklan baris gratis

    spanyol yg mnang.. hahaha

  3. tour and travel disurabaya

    thx prediksinya gan.. :D