1 Tahun 100 Posts

Hari ini (3/3), setahun yang lalu, berkat bantuan berapa teman dari Bali Blogger Community dan Bali Orange Communications, saya berhasil menampilkan tulisan pertama saya di blog ini. Menurut catatan blog ini, tulisan berjudul Cihui, Blog Pushandaka Terbit!! itu terbit pada pukul 15:42 (hampir jam 4 sore). Saya sengaja menunggu sampai tanggal 3 Maret untuk menerbitkan tulisan pertama saya karena menurut wikipedia, tanggal 3 Maret 1923 adalah hari saat majalah Time terbit pertama kali. Walaupun mungkin mustahil blog ini bisa sebesar dan setenar Time, tapi ndak apa-apa kan terinspirasi dari sesuatu yang hebat dan besar. Hehe!

Kalau dilihat dari kuantitas tulisan saya selama setahun ini, 100 tulisan tentu bukan jumlah yang banyak. Beberapa blog yang lebih rutin memuat tulisannya, pasti lebih mudah lagi mencapai milestone seperti ini dalam waktu singkat. Kalau dirata-rata, per bulannya saya cuma memuat rata-rata 8 tulisan saja. Bila dibandingkan dengan blog lain yang lebih sering post, tentu saja blog ini kalah jauh. Tapi menurut saya pribadi, 100 tulisan dalam setahun sudah cukup banyak. Hihi!

Jujur, saya itu pemilih banget dalam menampilkan ide yang terlintas dalam pikiran saya di blog ini. Kadang-kadang dalam sehari saya memang bisa mendapatkan beberapa ide yang bisa ditulis. Biasanya, saya akan menyeleksi lagi ide itu mana yang saya anggap layak dimuat di blog. Biasanya saya pilih 1 saja ide terpenting yang akan saya tulis. Bahkan, pernah saya memutuskan untuk ndak menulis 1 pun ide yang saya dapat karena menurut saya ndak penting untuk saya muat di blog. Terutama lagi, saya ndak akan pernah menulis tentang urusan pribadi yang saya rasa juga ndak penting bagi orang lain untuk mengetahuinya. Begitu juga tulisan tentang pacar, keluarga dan pengalaman pribadi yang sifatnya privat, pun pengalaman pribadi orang lain. Saya ndak pengen blog ini berisi tulisan yang malah mendiskusikan masalah pribadi orang lain. Hehe..

Ide untuk tulisan itu sendiri bisa saya peroleh dari mana saja. Paling sering adalah dari hasil “baca” media seperti koran, majalah dan tivi. Selain itu, ide juga bisa muncul dari hasil obrolan (bahasa kerennya: diskusi) saya dengan bermacam orang di berbagai tempat. Mulai dari kantor sampai warung makan, mulai dari rekan kerja sampai dengan anggota keluarga. Intinya banyak banget hal yang mampu mencetuskan ide di kepala saya.

Hari ini, saya pengen ucapkan terima kasih juga untuk teman-teman yang sudah mau berbagi informasi, pendapat dan koreksi juga saran yang ditulis sebagai komentar blog saya ini. Tapi mohon maaf juga buat teman-teman lain yang komentarnya terpaksa ndak saya tampilkan karena ndak sesuai dengan komentar yang saya harapkan. Seperti yang saya bilang, saya berharap banget kalau komentar yang masuk adalah informasi, koreksi, saran dan pendapat yang dapat menambah isi dan mutu tulisan saya. Karena saya yakin, tulisan saya ndak akan pernah lengkap dan sempurna.

Untuk setahun ke depan, saya merasa blum akan bisa meningkatkan kuantitas tulisan saya. Saya cuma punya rencana akan menerbitkan tulisan lebih rutin di hari yang sama paling banyak 2x seminggu. Misalnya setiap hari Senin dan Kamis saja. Tentu saja dengan peningkatan kualitas. Peningkatan kualitas ini yang menurut saya jauh lebih sulit daripada sekedar menambah kuantitas tulisan. Sekali lagi, untuk peningkatan kualitas itu saya perlu banget tambahan informasi, saran dan kritik dari teman-teman sekalian dalam bentuk komentar.

Terima kasih.., untuk setahun kemarin.. :)

24 Responses to “1 Tahun 100 Posts”


  1. Cahya

    Selamat untuk tulisan yang keseratus :)

    Padahal saya juga 3 tahun 300 tulisan, ternyata memang tidak jauh berbeda. Hanya saja saya hampir menulis semua yang saya pikirkan, atau muncul di pikiran saya. Senangnya bisa menulis, he he :D

    Btw, Mas Pushandaka mesti traktiran nih – sesuai AD/ART BBC kan? :lol:
    .-= Cahya´s last blog ..Mengapa Saya Tidak Ke Pura? =-.

    Agung Pushandaka Reply:

    Traktiran krupuk saja ya?

  2. hendro

    sudah seratus ya,,saya baru 2 bulan sudah 50 kalau setahun berarti 300..banyak juga ya..
    .-= hendro´s last blog ..Pesan berantai Bagian 4 =-.

  3. zee

    100 itu banyak lhooo.. Berarti kan rata2 3hr sekali posting. Saya da 3 thn belom sampai angka 300 :D.
    Sukses terus ya..

  4. Gek

    Kok gitu??
    :)
    Saya udah seratusan lebih belum syukuran.. tunggu setahunan aja.. :)

    Saya ingin tau kisah di balik Pushakanda.. :)
    .-= Gek´s last blog ..Omega BLACK =-.

    Agung Pushandaka Reply:

    Pushandaka gek.. :)

  5. Omiyan

    sukses terus jangan berhenti untuk berkarya
    .-= Omiyan´s last blog ..Microsoft Excel : Tips Menghitung “PPh Terutang” Dalam SPT Tahunan =-.

  6. tary

    wahhh nggak kerasa ya mas, udah yg ke seratus… selamat yah pastinya tambah semangat lagi nulisnya.

  7. wahyu

    wah 100 itu pencapaian yang luar biasa. saya aja belum sampe angka segitu pak :)
    .-= wahyu´s last blog ..Mercusuar: “Dilarang Berbuat Mesum” =-.

  8. rio seto

    horee… selamat ulang posting ke 100! selamat ulang blog ke 1! selamat buat mas Pushandaka, jangan-jangan ulang tahun juga (betul? hehe, ngarang); saya mau kejar tayang ah, maluu ketinggalan kereta, malu sama motonya mas em>Pushandaka, “habis baca terbitlah nulis”! :D
    .-= rio seto´s last blog ..Long Tail 1-Intro =-.

  9. Kade

    Klo saya mah blog saya jadiin media catatan, klo emank saya anggap penting dan perlu di ingat, biasanya saya tulis. Jadi klo kemudian hari saya perlu kan gampang nyarinya.
    .-= Kade´s last blog ..Tips WordPress – Cara Pasang Emoticon Kaskus Di Blog =-.

  10. morishige

    selamat bro. kalau saya dulu, setelah 100 tulisan terbit, semangat ngeblog saya mulai hilang. sempat beberapa bulan mengabaikan blog karena menyibukkan diri di dunia nyata. hehehe.. jangan sampe seperti itu deh. :mrgreen:
    .-= morishige´s last blog ..Langkah (41): Dreamland =-.

    Agung Pushandaka Reply:

    Thanks bro, sudah berbagi pengalaman..

  11. shaleh

    Waoow, pencapaian yang luar biasa. 100 itu sangat banyak, terus semangat ya …
    .-= shaleh´s last blog ..Malas! Bikin Blog Aggregator aja =-.

  12. sauskecap

    selamat ultah untuk blognya, semoga tahun ini bisa nulis lebih banyak lagi… mengejar mimpi boleh saja, kita tidak tau apa yang akan terjadi di depan… siapa tahu bakal jadi penulis yang lebih beken daripada penulis di majalah times
    .-= sauskecap´s last blog ..XXI Cafe, From Jogja With Food =-.

  13. imadewira

    makan-makan…… hehehe

    selamat ya kawan, semoga semakin rajin ngeblog dan isinya makin tajam setajam silet, hehe.. saya suka membaca opini, ide dan tulisan2 anda disini, banyak menambah wawasan saya :-)
    .-= imadewira´s last blog ..Terima Kasih Tuhan =-.

    Agung Pushandaka Reply:

    Wah, bisa saja memujinya nih, pak dosen. Terima kasih..

  14. indratie

    selamat mas,
    semoga saya bisa lebih baik lagi [dalam dunia blog ini]
    .-= indratie´s last blog ..saat pemimpin kehilangan kredebilitasnya =-.

  15. mbah jiwo

    saya ngeblog 3 tahun, jumlah posting : 230
    wuaaaaa dikit banget…
    .-= mbah jiwo´s last blog ..Cantik, Anak Siapa Ini. Ngaku!! =-.

  16. TuSuda

    Boleh ikut curah pendapat ya, memang kadangkala sulit juga menuangkan ide dalam bentuk tulisan yang diinginkan. Target menulis dari segi jumlah (kuantitas) sangat tergantung dari komitment dalam menjadwalkan publikasi postingan blog. Selamat melaksanakan kreatifitas ngeblog.
    TERIMAKASIH telah berkenan Berbagi Kata Bersama…
    .-= TuSuda´s last blog ..TANGGAPAN PRESIDEN DAN WAPRES PASCA HASIL PARIPURNA DPR =-.

  17. romailprincipe

    100 posting..moga bisa nyampe ke 1000 posting
    .-= romailprincipe´s last blog ..Resign Oh Resign =-.

  18. a!

    selamat, gung. terima kasih pula utk selalu menggugah orang lain lewat tulisan2mu.

    mmmm, btw kenapa gak sekalian dibagi berapa jumlah komentar, jumlah pengunjung, dst. biar aku tau berapa kira2 tarif kalau mau pasang iklan di blogmu. :D

    lanjutkan, gung. kapan2 kita bikin ebook dari tulisan2 kita semua di BBC. *kembali mimpi. :p
    .-= a!´s last blog ..Kenapa Mereka Harus Ditembak Mati =-.

    Agung Pushandaka Reply:

    Terima kasih, terima kasih..

  19. khatulistiwa

    wow..mantaap gan. udah nyampe 100 artikel. semoga makin semangat dan makin kreatif
    .-= Tulisan terbaru khatulistiwa di [blognya]: Shandy Sondoro, membuat catatan manis =-.